Beranda » Blog » Fungsi Nebulizer dan 7 Penyakit yang bisa diobati dengan Nebulizer?

Fungsi Nebulizer dan 7 Penyakit yang bisa diobati dengan Nebulizer?

Diposting pada 28 March 2022 oleh Alkes Malang / Dilihat: 433 kali / Kategori:

Hai Sobat Sehat Alat Kesehatan Malang semua, kali ini saya ada dengan info seputar Fungsi Nebulizer dan 7 penyakit yang bisa diobati?. Mungkin anda sudah sering mendengar kata nebulizer atau alat uap ini tapi ternyata ada yang masih belum tahu fungsi nebulizer dan haruskah ada obat nebulizer saat akan menggunakan nebulizernya.

Fungsi Nebulizer dan 7 Penyakit yang bisa diobati dengan Nebulizer?

Fungsi Nebulizer dan 7 Penyakit yang bisa diobati dengan Nebulizer?

Jadi dengan artikel ini Sobat Sehat akan tahu dari Rangkuman dari salah satu alat kesehatan yaitu Nebulizer, Jenis-Jenis Nebulizer, Obat apa saja yang digunakan saat menggunakan nebulizer, Berapa harga nebulizer, apakah ada nebulizer kusus anak dan dimanakah anda membeli nebulizer di Malang untuk 2022. Nebulizer di Malang, nebulizer adalah, nebulizer harga, nebulizer anak, nebulizer omron, obat nebulizer, fungsi nebulizer.

 

Nebulizer uap pertama ditemukan di Jerman pada tahun 1864. Inhaler ini dikenal sebagai “Siegle Steam Spray Inhaler” dan beroperasi berdasarkan prinsip Venturi. Untuk penyemprotan bahan kimia, dan ini merupakan pionir dalam terapi nebulizer. Pentingnya ukuran tetesan tidak begitu dipahami secara efektif, Perangkat pertama ini tidak terlalu bagus.

 

Inhaler semprotan uap Siegle terdiri dari pemanas yang memanaskan air di reservoir menjadi uap. Kemudian dapat mengalir dari atas  ke dalam tabung yang dicampur dengan larutan obat. Di sisi wadah, obat berubah menjadi uap, Pasien menghirup uap ini melalui corong  kaca. Fitur nebulizer sederhana ini  lebih baik dari versi sebelumnya.

 

Pengertian, Fungsi Nebulizer untuk Alat Bantu Pernafasan

pengertian, fungsi nebulizer

pengertian, fungsi nebulizer

Fungsi Nebulizer untuk Alat Bantu Pernafasan, sesak napas pasti akan membuat Anda merasa sesak napas dan nyeri. Ada beberapa perawatan untuk mengatasi masalah yang menyebabkan sesak napas. Dari obat oral hingga obat inhalasi menggunakan nebulizer dianggap paling efektif.

 

Apa fungsi dari nebulizer? Nebulizer adalah sebuah alat atau mesin yang mengubah larutan obat  menjadi uap yang dihirup ke paru-paru. Nebulizer memiliki peran menghilangkan saluran udara yang menyempit. Nebulizer terdiri dari motor kompresor udara, wadah  obat cair kecil, dan tabung elastis yang menghubungkan kompresor udara ke wadah obat. Corong atau masker diletakkan di atas wadah obat  yang  digunakan untuk menghirup kabut.

 

Ada dua versi kinerja nebulizer : listrik dan  baterai. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara memilih jenis nebulizer yang sesuai dengan kebutuhan Anda. fungsi nebulizer pada bayi,tujuan nebulizer adalah,cara kerja nebulizer,efek samping nebulizer,manfaat nebulizer untuk dewasa,obat nebulizer untuk batuk dewasa,obat nebulizer untuk pneumonia,nebulizer untuk bayi.

 

Perangkat ini banyak digunakan untuk mengobati penyakit pernapasan kronis baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini dikarenakan uap yang dihasilkan oleh nebulizer  sangat kecil dibandingkan dengan inhaler sehingga obat  lebih cepat diserap oleh area target paru-paru.

Beberapa Jenis Alat Nebulizer dan Kelebihannya, Agar Tidak Salah Beli

3-tipe-jenis-nebulizer

3-tipe-jenis-nebulizer

Untuk yang belum tahu, ternyata ada beberapa jenis nebulizer loh, Sobat sehat harus tahu bahwa ada 3 jenis nebulizer yang perlu Anda kenali berikut kelebihan dan kekurangannya agar anda tidak salah pilih saat anda membeli alat nebulizer, Beberapa Jenis alat nebulizer antara lain :

    • Nebulizer Kompresor Atau Jet Nebulizer

      alat-nebulizer-omron-yang-bagus-di Malang, Blitar, Ponorogo, Probolinggo,Lumajang, Pasuruan, Tuban,Gresik,Kediri

      alat-nebulizer-omron-yang-bagus-di Malang, Blitar, Ponorogo, Probolinggo,Lumajang, Pasuruan, Tuban,Gresik,Kediri


      Untuk Jenis pertama nebulizer adalah Nebulizer Kompresor Atau Jet Nebulizer, Ini adalah jenis nebulizer pertama, yang mana mempunyai kekurangan dan kelebihan tersendiri. Mari kita mulai dengan Kekurangan terlebih dahulu di alat ini.

      • Kekurangan Nebulizer Kompresor Atau Jet Nebulizer

        1. Kekurangan pertama, Nebulizer Kompresor Atau Jet Nebulizer mempunyai kompresor yang berisik dan cenderung sulit dibersihkannya.
        2. Ukuran Lebih Besar dibandingan yang lain.
        3. Harus menggunakan Listrik saat digunakan.

          Namun, Meskipun Kekurangan Nebulizer tipe Kompresor atau jet nebulizer ini ada beberapa Keunggulan loh.
      • Keunggulan Nebulizer Kompresor Atau Jet Nebulizer

        1. Sangat mudah sekali untuk digunakan Nebulizer tipe ini
        2. Harga dari Nebulizer Kompresor atau Jet Nebulizer ini juga lebih murah
        3. dapat digunakan dengan semua jenis obat, termasuk obat  PPOK.

Jual Omron NEC-28 Nebulizer di Malang

Nebulizer Kompresor  atau Jet Nebulizer  memiliki sistem kerja yang menggunakan udara terkompresi pada unit nebulizer. Setelah itu, udara mengalir keluar membentuk kabut dan uap. Uap obat ini kemudian diarahkan ke sistem pernapasan manusia dengan bantuan sistem kompresor alat ini. 

 

Karena sistem kerja dari nebulizer jenis ini adalah dengan mengompresi udara, maka suara yang dihasilkan oleh alat ini juga  lebih nyaring dibandingkan dengan nebulizer ultrasonik. Compressor nebulizer merupakan salah satu jenis nebulizer yang banyak digunakan di Indonesia. Dibandingkan dengan nebulizer ultrasonik, nebulizer kompresor berukuran sangat besar, tetapi beberapa di antaranya masih relatif portabel.

 

    • Nebulizer Ultrasonik

      nebulizer-omron-ultrasonik

      nebulizer-omron-ultrasonik


      Berbeda dengan Nebulizer jenis Kompresor, Nebulizer Ultrasonik menggunakan getaran gelombang ultrasonik frekuensi tinggi untuk memecah larutan obat menjadi  aerosol. Jika Anda membutuhkan nebulizer yang flexible serta mudah dibawa kemana-mana, maka nebulizer ultrasonik adalah pilihan terbaik karena ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan.

      • 3 Keunggulan Nebulizer Ultrasonik

        1. Menggunakan Teknologi Terbaru gelombang ultrasonik
        2. Tidak terlalu Berisik saat digunakan
        3. Ukuran Tidak Terlalu Besar
          Ini adalah nebulizer generasi terbaru yang mengandalkan getaran sonik frekuensi tinggi (gelombang ultrasonik) untuk mengubah bahan kimia menjadi uap.

          Dibandingkan dengan  nebulizer jet, nebulizer ultrasonik adalah perangkat genggam, sehingga lebih tenang,  lebih ringan, dan lebih mudah dibawa.
      • 2 Kekurangan  Nebulizer Ultrasonik

        1. Nebulizer ultrasonik lebih mahal daripada nebulizer jet. 
        2. Nebulizer ini tidak efektif bila digunakan dengan obat  yang sangat kental.
  1. Jual Nebulizer Ultrasonik di Malang

    • Mesh Nebulizer

      mesh-nebulizer-onemed

      mesh-nebulizer-onemed


      Mesh Nebulizer Ini adalah nebulizer yang mempunyai berteknologi tinggi dan menggunakan pompa mikro untuk menghasilkan aerosol.

      • Keunggulan Mesh Nebulizer

        1. Paling Efisien, Nebulizer mesh dianggap yang paling efisien
        2. Suara paling tenang 
        3. Menghasilkan uap yang lebih halus daripada jenis nebulizer lainnya. 
      • Kekurangan Mesh Nebulizer Karena banyak kelebihannya

        1. Harga Mesh Nebulizer Lebih Mahal bila di bandingkan dengan nebulizer jenis yang lain.
        2. Tipe Nebulizer mesh memiliki kelemahan karena sulit dibersihkan dan tidak cocok untuk obat-obatan yang sangat kental.

Jual Mesh Nebulizer di Malang

Dengan mengetahui ketiga jenis nebulizer, baik itu kompresor nebulizer, nebulizer ultrasonik dan mesh nebulizer. Kami harap anda dapat memilih nebulizer sesuai kebutuhan anda jadi anda tidak salah pilih. Namun jika anda masih bingung anda bisa membacara beberapa tips cara memilih nebulizer agar tidak salah beli.

 

Cara Memilih Alat Nebulizer Agar tidak Salah

cara-memilih-nebulizer-agar-tidak-salah

cara-memilih-nebulizer-agar-tidak-salah

Cara Memilih Alat Nebulizer Agar tidak Salah, akan sangat disayangkan sekali kalau sampai anda salah memilih nebulizer. Namun, sebenarnya jika anda telah membaca 3 Jenis Nebulizer serta kekurangan dan kelebihan nebulizer tiap masing-masing jenis maka seharusnya anda tidak mungkin akan salah saat memilih alat nebulizer. 

Harga Nebulizer Onemed 405a di Malang

Tapi untuk anda yang belum membaca artikel tersebut atau belum ada refrensi maka tips Ini akan sangat membantu anda sekali karena anda akan tahu tips penting yang harus Anda ketahui dalam memilih nebulizer diantara lain :

  1. Langkah Pertama, Memilih nebulizer sesuai kebutuhan anda. Yang kami maksut adalah anda memilih nebulizer tergantung pada jenis obat yang akan digunakan. Apabila obatnya berbentuk cairan kental, maka Anda bisa menggunakan tipe Kompresor Nebulizer atau jet nebulizer.
  2. Langkah ke Dua, Carilah nebulizer yang paling mudah dioperasikan bagi anda, karena ada beberapa jenis brand yang mengeluarkan produk nebulizer dan mungkin akan ada perbedaan sedikit untuk cara pengoperasiannya.
  3. Ke Tiga, Memilih Nebulizer yang mudah dibersihkan, terutama bagi Anda yang sering menggunakannya.
  4. Ke Empat, Pilihlah nebulizer yang nyaman dan tidak berisik, terutama jika diperuntukkan bagi bayi atau anak-anak.
  5. Langkah Terakhir, Gunakan corong nebulizer yang cocok sesuai kenyamanan Anda. Mungkin Anda bisa membelinya secara terpisah di apotek.

 

Terkadang memilih nebulizer memang bisa membingungkan karena banyaknya merek dan model yang ditawarkan. Bila Anda ragu, mintalah rekomendasi dari dokter mengenai jenis nebulizer yang sesuai dengan kebutuhan Anda, agar pengobatan berjalan efektif.

 

Inilah Cara Kerja Nebulizer dan Berapa Lama Penggunaan Nebulizer

cara-kerja-nebulizer-dan-penggunaan-nebulizer

cara-kerja-nebulizer-dan-penggunaan-nebulizer

Bagaimana cara kerja nebulizer? Respirator in-line ini bekerja dengan  mengubah bahan kimia menjadi uap. Selanjutnya, udara yang mengandung uap obat didorong melalui selang ke dalam masker. Hirup obat dari sana. Obat yang disuplai oleh nebulizer  diserap perlahan dan  mungkin memerlukan istirahat selama 10 sampai 15 menit. 

 

Nebulizer sering digunakan untuk serangan asma dan PPOK karena  tidak memerlukan teknik pernapasan in-line yang rumit. Pasalnya, saat menggunakan inhaler, Anda harus menarik napas dalam-dalam terlebih dahulu sebelum menyemprotkan obat. Ini bisa sulit bagi penderita asma atau PPOK. Untuk alasan ini, ini adalah pilihan pengiriman obat yang lebih efektif dari pada inhaler saat gejala COPD memburuk. penyakit yang bisa diobati dengan nebulizer.

 

Berikut 7 Daftar Penyakit yang bisa Diobati dengan Nebulizer

7 Daftar Penyakit yang bisa Diobati dengan Nebulizer

7 Daftar Penyakit yang bisa Diobati dengan Nebulizer

Berikut adalah daftar penyakit yang mungkin bisa diobati dengan terapi menggunakan alat nebulizer. Jadi jika anda mempunyai pertanyaan “Penyakit apa yang harus di uap?” maka daftar 7 Penyakit ini yang menggunakan Nebulizer sebagai alat bantu terapinya sebagai berikut :

 

    • Asma
      Penyakit Asma adalah suatu kondisi di mana saluran udara menjadi sempit dan bengkak, menghasilkan lendir yang berlebihan. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan gejala seperti batuk dan mengi (wheezing).
    • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
      Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) adalah kondisi pernapasan in-line di mana saluran udara paru-paru terhambat, sehingga sulit untuk bernapas. PPOK adalah penyakit progresif yang  memburuk dari waktu ke waktu.
    • Pneumonia
      Pneumonia adalah infeksi yang menyerang paru-paru sehingga menyebabkan kantung udara (alveoli) paru-paru menjadi meradang dan bengkak. Kondisi  ini sering  disebut sebagai paru-paru lembab karena paru-paru dapat diisi dengan air atau  lendir.
    • Bronkiektasis
      Bronkiektasis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan rasa sakit dan peradangan pada saluran udara. Kondisi ini mengisi saluran udara dengan lendir yang kental dan meningkatkan risiko infeksi bakteri. Nebulizer membantu menghilangkan lendir. Hal ini membuat lebih mudah untuk mengalirkan lendir dan menyerap obat untuk infeksi bakteri.
    • Bronkiolitis
      Bronkiolitis adalah peradangan dan pembengkakan saluran udara kecil (bronkiolus) yang disebabkan oleh infeksi virus. Kondisi ini umum terjadi pada bayi dan dapat menjadi salah satu risiko asma di tahun-tahun berikutnya. Tergantung pada kondisi dan kebutuhan orang tersebut, dokter atau perawat dapat merekomendasikan nebulizer untuk mengobati bronkiolitis.
    • Fibrosis kistik
      Fibrosis kistik adalah kondisi genetik yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengontrol pergerakan garam dan air antar sel. Akibatnya,  lendir yang sangat kental menumpuk di paru-paru dan sistem pencernaan. Hal ini membuat sulit bernapas dan meningkatkan risiko infeksi paru-paru.

      Nebulizer membantu mengencerkan dahak (lendir) dan mengobati gejala cystic fibrosis lainnya. Obat fibrosis kistik  yang dapat digunakan dengan nebulizer termasuk bronkodilator, kortikosteroid, dan enzim Dornase alfa.

      Perawatan dengan alat ini tidak hanya memudahkan pernapasan, tetapi juga mengatur produksi lendir dan mencegah infeksi bertambah parah.
    • Sinusitis
      Sinusitis adalah peradangan pada  hidung dan sinus. Menurut berbagai laporan, nebulizer  ultrasonik sangat efektif dalam mengurangi gejala sinusitis seperti hidung tersumbat dan nyeri pada hidung dan wajah.

 

Sebuah penelitian terhadap pasien yang menggunakan nebulizer di rumah menunjukkan bahwa manfaat dari inhaler uap ini jauh lebih besar daripada kemungkinan risikonya. Alat itu sendiri merupakan alat yang sangat berguna untuk mengelola penyakit paru-paru kronis dan membantu  pasien lebih berhemat.

Terimakasih telah membaca artikel yang berjudul “Fungsi Nebulizer dan 7 Penyakit yang bisa diobati dengan Nebulizer?” ini semoga artikel ini bermanfaat dengan adanya tambahan informasi tentang jenis-jenis nebulizer, informasi tentang kekurangan dan kelebihan setiap jenisnya, cara memilih nebulizer yang benar dan cara kerja nebulizer itu sendiri.

Jika Sobat Sehat Alat Kesehatan Malang suka dengan konten yang seperti ini silahkan komen dan share artikel ini ya, namun bila ada yang ingin ditanyakan silahkan chat, dm aku social media kami terimakasih.. semoga sehat selalu..

Tags: , , , , , , ,

Bagikan ke

Fungsi Nebulizer dan 7 Penyakit yang bisa diobati dengan Nebulizer?

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Fungsi Nebulizer dan 7 Penyakit yang bisa diobati dengan Nebulizer?
28 March 2022

Hai Sobat Sehat Alat Kesehatan Malang semua, kali ini saya ada dengan info seputar Fungsi Nebulizer dan 7 penyakit yang... selengkapnya

Mengenal Manfaat dan Jenis Nebulizer Terbaru
29 March 2022

Mengenal Manfaat dan Jenis Nebulizer, jadi kita akan melihat manfaat dan mengetahui jenis nebulizer Nebulizer adalah alat untuk terapi inhalasi... selengkapnya

Jual Kursi Roda Medis Harga Terbaik di Malang dan 10 Rekomendasi Kursi Roda
29 March 2022

Jual Kursi Roda Medis Harga Terbaik di Malang dan 10 Rekomendasi Kursi Roda, Temukan produk kursi roda yang Anda cari... selengkapnya

Alat Kesehatan Yang Paling Diperlukan Siswa Mahasiswa Sekolah Kesehatan di Malang
16 February 2022

Jenis-jenis Alat kesehatan yang perlu diketahui. Alkes yang diperlukan oleh siswa sekolah kesehatan, sekolah perawat, mahasiswa kedokteran dan keperawatan 1.... selengkapnya

Fungsi Nebulizer dan 7 Penyakit yang bisa diobati dengan Nebulizer?

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Roni
● online
Roni
● online
Halo, perkenalkan saya Roni
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja